Wisata Pasar Tugu dan Car Free Day Malang

Wisata Pasar Tugu

Wisata  Pasar Pagi Minggu,itulah salah satu yang bisa dijadikan tujuan  wisata dan mencari oleh-oleh jika anda berada di Malang, tentunya dengan waktu yang santai , berada di sepanjang jalan pasar ini menyediakan dan menyajikan berbagai aneka kuliner khas baik dari dalam kota  Malang sendiri atau dari luar kota Malang. Dijamin murah, lengkap dan banyak pilihan variasi.

Pasar  Wisata Tugu ini menjadi salah satu objek wisata belanja masyarakat kota Malang. Pasar pagi yang hadir setiap minggu ini memang telah mengalami beberapa kali perombakan untuk penataan nya sendiri.  Bermacam – macam kerajinan dan souvenir dapat anda jumpai di pasar Tugu ini. Mulai darikebutuhan Rumah Tangga, kebutuhan sehari – hari, fashion dengan segala bentuk corak dan variasi harganya. Memang yang paling rame adalah kios-kios kuliner dan jenis-jenis  makanan tradisional.

Car Free Day

Berada tidak jauh dari Pasar Tugu Malang anda akan menjumpai  jalan kembar, yang disebut Jalan Ijen atau Ijen Beulevard, menjadi tempat atau lokasi Car Free Day, disana suasana nyaman, tenang dan tidak berisik, sesekali  di sela- sela orang berjalan  kaki anda akan menjumpai delman yang memang disewakan untuk mengantar anda jika capek atau enggan berjalan agak jauh , karena memang lumayan jauh jika harus menelusuri semua jalan dari ujung selatan sampai ujung utara.

Senam  Aerobic  yang dipandu beberapa instruktur senam dari atas panggung akan menambah suasana  pagi lebih semangat dan hangat. Anda bisa bergabung dan langsung menggerakan tubuh anda agar bisa berkeringat dan tentunya bisa menambah teman,karena anda akan senam ramai- ramai dengan para pengunjung yang lain, siapa tau juga jika memang rejeki terkadang ada pembagian hadiah atau souvenir dari beberapa sponsor.

Car Free Day Ijen Malang ini ternyata juga menjadi sarana kumpul – kumpul  beberapa komunitas di Malang.yang harapannya akan bisa menampilkan berbagai karyanya untuk bisa dinikmati warga Kota Malang pada jalan bebas kendaraan ini. Di Car free day ini sepanjang jalan Ijen tidak diperbolehkan pedagang kaki lima (PKL) menggelar dagangannya  sepanjang jalan Ijen, yang memang pada hari biasa dilarang untuk pedagang kaki lima (pkl).

Dilarangnya pedagang kaki lima (pkl) masuk dan berjualan di sepanjang jalan ini adalah bertujuan untuk  memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang ingin melakukan aktivitas olah raga maupun hanya sekedar jalan – jalan ataupun aktivitas lainnya. Naaahhh…. Yang di perbolehkan masuk adalah para pejalan kaki, olah raga, pengendara sepeda, pemain sepatu roda dan skateboard. Semua kegiatan tersebut  yang  tidak ada unsur jual beli , boleh – boleh saja dilakukan.

Memang untuk mengamankan Car Free Day (CFD) dari para Pedagang kaki Lima (PKL) setiap minggunya akan diturunkan hampir 200 personil yang merupakan aparat gabungan dari Tentara Nasional  Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Dinas Perhubungan (DISHUB), satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) kota Malang.

Naaah….. silahkan anda coba sempatkan waktu  untuk pergi ke tempat – tempat ini, nikmati dan rasakan sensasinya, dan jangan salah di sepanjang jalan ini, sekarang  Pemerintah Kota Malang memberi  dan menambahkan  fasilitas untuk keindahan dan para  warga dan pengunjung kota Malang, bahkan sepanjang jalan Ijen ini  sering kali dijadikan kawasan  objek – objek para pecinta fotografi, jadikan kawasan Ijen ini salah satu sudut atau background anda berselfi ria….