Tips Liburan Asyik Menggunakan sepeda Motor

Salah satu kegiatan yang sangat dibutuhkan semua orang di saat libur tiba adalah liburan, entah itu liburan ke rumah sodara, teman, ataupun ke tempat – tempat wisata yang membuat fikiran kita menjadi fresh dan damai. Liburan paling asyik jika dilakukan bersama – sama dan menggunakan kendaraan roda empat, selain bisa bercengkrama, kita juga bisa menikmati perjalanan. Namun jika ingin berlibur dengan suasana yang asyik dan ingin bersantai sejenak di perjalanan, menggunakan sepeda motor merupakan hal yang tepat, selain bisa menghemat biaya, memakai sepeda juga bisa mempersingkat waktu saat terjadi macet, dan juga bisa berhenti sejenak untuk sekedar foto. Nah, kali ini kita akan membahas tentang tips liburan asyik jika menggunakan sepeda motor bersama keluarga sehingga terlihat seperti touring atau bersepeda bersama , ini dia tipsnya :

– Cek Kondisi / Keadaan Sepeda Motor

Yang harus kamu perhatikan untuk tipos pertama kali ini adalah melihat kondisi / keadaan sepeda motor kita, apakah sudah layak jalan menempuh jarak jauh atau tidak, cek komponen sepeda motor seperti ban, rem depan dan belakang, kampas rem, kopling, mesin, gas dan lain lain. Jika terjadi masalah pada sepeda segera bawa ke bengkel / tempat service yang bisa membenarkan sepeda anda. Jadi cek kondisi kendaraan anda sebelum bepergian, dan bawa ke bengkel untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada kondisi sepeda motor.

– Bawa Surat -Surat Kendaraan Lengkap

Kali ini yang harus kalian perhatiakan adalah tentang surat -surat kendaraan, jika ingin berlibur ke rumah saudara menggunakan sepeda motor, jangan lupa perhatikan kelengkapan surat – surat kendaraan seperti SIM, STNK, KTP jika perlu, dan surat – surat lainnya yang bisa membuat kita aman bila ada pemeriksaan surat kendaraan atau operasi yang biasanya dilakukan untuk mencegah pengguna kendaraan yang kurang mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak melengkapi surat – suratnya.

– Perhatikan Rute dan Jarak Yang Akan Anda Tempuh

 

Jika anda ingin bepergian jauh namun hanya memiliki waktu libur sedikit, yang harus anda perhatikan adalah rute dan jarak yang akan kalian tempuh, apakah sudah pas untuk liburan anda atau belum, bila anda hanya dapat libur cuma 2 hari namun ingin berlibur jauh ke bali misalnya, maka yang terjadi adalah akan tergesah – gesah di jalan dan membuat libura anda menjadi kurang memuaskan. Anda harus menentukan agenda apa saja yang akan anda lakukan jika memiliki jatah libur 2 hari. Perhatikan jarak yang akan anda tempuh jika menggunakan sepeda motor.

– Gunakan Helm dan Jaket

 

Hal penting yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah tentang keamanan berkendara, menggunakan helm standart atau SNI memang menjadi kewajiban para pengguna sepeda motor, selain bisa menjaga dari debu, helm bermanfaat melindungi kepala jika terjadi hal – hal yang tidak di inginkan seperti jatuh, kepala membentur aspal dan lain lain. Jangan lupa juga untuk memakai jaket safety yang melindungi anda dari angin saat melakukan perjalanan jauh, agar selama perjalanan anda terhindar dari masuk angin ataupun kedinginan.

– Bawalah Kunci Sederhana Jika Motor Trouble

Tips yang terakhir adalah jangan lupa untuk membawa kunci – kunci sederhana, kunci – kunci ini bertujuan untuk membantu jika terjadi mogok ataupun mesin yang bermasalah saat perjalanan jauh maupun dekat. Jika sempat bawa busi pengganti agar lebih aman melakukan perjalanan.

Tips – tips tadi merupakan beberapa saran untuk anda yang akan mudi atau berlibur menggunakan sepeda motor, tetap jaga keselamatan, dan jangan lupa berdo’a dan ibadah jika sudah waktunya. Selamat bermotor ria sekaligus liburan kawan…